Selasa: 02 April 2019, Drs. Sukiman, M.M selaku Ketua Prodi dan beberapa dosen pendamping dari KPN (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga)  kembali membawa Taruna/i Prodi KPN melaksanakan kunjungan pelabuhan ke KSOP (Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kelas I Tanjung Emas Semarang. Kunjungan sekaligus kuliah umum ini sudah menjadi program Tahunan bagi Program Studi KPN di AMC. Kunjungan ini bertujuan agar para Taruna/i KPN lebih memahami kegiatan kepelabuhanan khususnya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Hal ini dilakukan dalam rangka melengkapi atas materi ilmu kepelabuhanan yang diberikan oleh bapak/ibu dosen di dalam kelas.

Perkulihan umum dilaksanakan di ruangan Aula Pertemuan KSOP dengan 2 orang Narasumber. Bapak Nanang Efendi selaku Kepala bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan sebagai pemberi materi perkuliahan umum menerangkan tentang kegiatan alur perijinan perusahaan yang berkegiatan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dan bapak Dian Lesmana selaku Kepala bidang Perjagaan Patrolimemberikan materi menegnai tugas pokok dan fungsi bidang penjagaan dan patroli.

Usai dilaksanakannya kuliah umum di Aula pertemuan, dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan ke lapangan yang dipandu oleh petugas lapangan dari bidang lalu lintas angkutan laut dan usaha kepelabuhanan beserta petugas lapangan dari bidang penjagaan patroli. Para taruna/i pun terlihat sangat senang atas kegiatan yang berlangsung karena menambah wawasan dan melihat dengan nyata dunia pekerjaan yang sedang dan akan menanti mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *