KPN (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga) telah mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT dengan Nomor: 798/SK/BAN-PT/Akred/Dilp-III/VIII/2015 dengan nilai Terakreditasi “C”. Dan sudah diajukan re-akreditasi melalui SAPTO dengan harapan tahun 2018 ini sudah mendapatkan Akreditasi “B”

 

 

PROGRAM STUDI KPN & KEPELABUHANAN

AKADEMI MARITIM CIREBON

Tujuan umum dari jurusan Ketatalaksanaan Niaga dan Kepelabuhan adalah mendidik dan melatih para lulusan SMU/SMK/MA untuk menjadi ahli Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga/Administrasi Angkutan Laut & Pelabuhan.

Tugas dan Tanggung Jawab untuk lulusan jurusan Ketatalksanaan Niaga dan Kepelabuhan adalah agar dapat mempersiapkan dokumen-dokumen kapal dan muatannya baik selama kapal berlayar maupun tiba di pelabuhan.

Ijazah yang diberikan untuk jurusan ini adalah Diploma III (A.Md)

Puncak karir lulusan Ketatalaksanaan Niaga dan Kepelabuhan adalah Diploma (D III) bidang Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.

Sistem Pendidikan menggunakan sistem kredit dengan total kredit 110 – 120 SKS. Dibawah ini merupakan pola pengaturan waktu belajar selama masa pendidikan.

  • Semester I,II,III,IV, V : Kuliah teori dan praktikum Laboratorium di darat (Kampus & Pelabuhan).
  • Semester VI : Praktek kerja di pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia ( 3 bln) dan Pembuatan Tugas Akhir (TA) untuk persyaratan Wisuda Diploma III

VISI

Menjadi Program Studi yang berkualitas dan kompetitif dalam menghasilkan Ahli Madya Ketatalaksanaan bidang Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan yang bertaraf Internasional pada tahun 2021.

MISI

Menerapkan kurikulum berbasis aplikasi operasional pengelolaan dan pelayanan jasa transfortasi laut dan kepelabuhanan, baik dari segi administrasi, manajemen dan operasional.

  1. Menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas bidang Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan baik teori dan praktek sesuai peraturan yang berlaku tingkat Nasional maupun Internasional.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian yang bermutu di bidang Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka memberikan sumbangan dalam bentuk pemikiran, pemecahan masalah bidang Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.
  4. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, baik dosen maupun karyawan untuk memberikan pelayanan yang prima.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dalam lingkup regional, nasional, maupun Internasional.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif pada bidang Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.
  2. Menghasilkan riset di bidang Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan yang tepat guna bagi masyarakat.
  3. Memberikan sumbangsih kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemikiran dan pemecahan masalah terhadap kebutuhan masyarakat.
  4. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, profesional, baik dosen maupun karyawan untuk memberikan pelayanan yang prima.
  5. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai instansi di tingkat regional, nasional, maupun Internasional.