Akademi Maritim Cirebon (AMC) menggelar aksi donor darah sebagai salah satu bukti kepedulian dan saling berbagi dengan sesama yang membutuhkan bantuan. Kegiatan donor darah ini dilakukan di Kampus AMC Jl. Dukuh Semar- Kota Cirebon, pada hari sabtu, 2 Maret 2019 oleh PMI Kota Cirebon. Adapun tim dari PMI ialah dr. Asep Munandar penanggung jawab Djuki Bawarekso penanggung jawab pengambilan darah Ismail Saleh, SH sebagai Pencarian dan Pelestarian Donor Darah Sukarela

Ketua Tim Panitia PMI Kota Cirebon menyampaikan terimakasih atas ketersediaan baik Taruna/i maupun karyawan/i AMC yang sudah rela menyediakan waktu dalam mengikuti kegiatan donor darah pada hari ini.

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial AMC  kepada sesama. Banyak manfaat ketika kita melakukakan aksi donor darah, secara medis: mengurangi serangan jantung, karena melakukan sirkulasi darah sehingga berjalan dengan lancar. Dan juga secara Agama ialah saling berbagi dan menolong orang lain.   Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” urainya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh AMC ini setidaknya lebih dari 94 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari mahasiswa dan karyawan di Lingkungan kampus AMC. Peserta kali ini tidak banyak karena berbarengan dengan kegiatan ketarunaan yaitu pertandingan lomba lari  antar kelas, sehingga banyak yang mengalami kelelahan dan tentunya doikesempatan berikutnya akan semakin lebih bnayak yang ikut serta dalam kegiatan donor darah ini. “Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat,” jelas Dienje Mandagi, Dra selaku Pudir III.

Akhir dari aksi donor darah ini, para peserta donor darah dan seluruh anggota PMI Kota Cirebon yang terlibat juga melakukan foto bersama sebagai bukti rasa sukacita dan kegembiraan bersama. Dan tentunya, aksi donor darah ini akan menjadi program rutin yang akan dilakukan oleh Kampus AMC kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *